Tentang Doa dan Syukur

15 August 2021

Secrets of Divine LoveHai! Makin lama pandemi perasaan tiap hari makin overthingking ada aja yang dipikirin, ya gak sih. Pernah ga sih kaya aku suka mikir kok hidup aku sekarang gini ya, kok dulu aku ambil jurusan ini ya kok ga jurusan lain pas kuliah, kalau dulu gak resign  kerja aja terus gimana ya, kok bisa ya tinggal di Jakarta kenapa ga di Bandung dan masih banyak kalau kalau lainnya. Belum lagi suka ngeluh haduh cape amat harus beres beres, ya ampun ga ada waktu me time banget harus blablabla, haduh berantakan amat ni mainan, banyak amat ni cucian piring atau segala keluhan lainnya :)

Nah setelah dipikir-pikir, semua yang aku dapet sekarang ternyata adalah jawaban doa aku dari Tuhan tanpa sadar aku dapetin. Dulu waktu SD aku jalan-jalan ke ITB sama orang tua, trus ke Kokesma ITB beli stiker. Bapa bilang kamu mau jurusan apa, aku boleh beli stiker jurusan apa aja boleh pilih. Aku ambil stiker Arsitektur, trus stikernya aku tempel di buku diary. Padahal saat itu aku juga belum tau sih banyak apa arsitektur, keluargaku ga ada yang arsitek. Aku cuma tau ibu temenku arsitek trus rumahnya bagus hahaha dangkal. Pas buku tahunan SD, ada bagian cita-cita, aku isi mau jadi dokter atau arsitek. Apakah itu termasuk doa? Lucu aja tapi buat aku.

Dulu abis lulus S1, aku isi worksheet angkatan, 10 tahun lagi sibuk apa. Aku isi: sibuk urus anak, nunggu suami pulang kerja sambil arisan, tinggal di UK. Ya agak halu sih emang bagian tinggal di UK tapi bagian sibuk urus anak ya diijabah itu sama Tuhan. Mungkin bagian tinggal di UK nya belum aja #optimis hehe. Kagak bisa arisan soalnya pandemi :) Tapi, sekarang aku jadi ibu rumah tangga lalu aku mengeluh, dipikir lagi, loh Nafisah bukannya itu yang kamu mau dulu?? 

Habis resign pindah ke Surabaya belum dapet kerja baru, aku inget bosen banget cuma diem di rumah belum ada anak. Trus aku bilang ke suami: ya kalau orang kan diem di rumah ada yang dikerjain ngurus anak jadi ga bosen?? Trus sekarang Tuhan aku kasih anak Alhamdulillah buat aku urus jadi aku ga bosen banyak kerjaan (bangeeet) di rumah!

Selain itu kalau aku mengeluh haduh mainan berantakan, lalu aku pikir lagi itu kan berarti jawaban Tuhan untuk doa aku yang minta punya rejeki biar bisa beliin anak mainan. Cucian piring numpuk berarti aku bisa makan  setiap hari itu juga jawaban Tuhan :)

Sore ini, aku membaca buku Secrets of The Devine karya A. Helwa. Waktu baca bagian tentang Salat: How to Tune Into Divine Love ada paragraf yang ngingetin aku sama hal yang aku pikirin di atas. 

Know that God always answers our prayers whether or not we find His response favorable. As Imam Ali says, "Sometimes your prayers are turned down, because you often unknowingly ask for things that are really harmful for you." God calls us to pray for what we need, when we need it. 

Jadi Tuhan tuh baik bangeeeet astaga ya ga sih. Doa kita tuh semua selalu dijawab. Tapi kalau misalnya doa kita kaya kok ga dikabul, balik lagi itu karena tuh Tuhan yang paling tau apakah doa itu harmful untuk kita apa engga, apakah kita butuh itu atau engga, apaah itu baik untuk kita apa engga, apakah sekarang waktu yang tepat atau engga untuk dikabulkan. Karena ya ampun kita tuh apa sih remah-remah gak tau apa-apa gak tau apa yang didepan kita. Cuma Tuhan yang tau.

Misalnya kaya kalau aku minta ya Tuhan aku mau rumah segede Nia Ramadhani sekarang hahaha trus ya mereun naon anda sekarang bisa ngurus dan bersihin rumah segede itu?!?! Ini rumah kecil aja realistis lah kalau ga ada nanny atau asisten mah terima aja kalau ga di pel tiap hari. Itu debu masih belum di lap dimana-mana. Sekarang kalau mau ngeluh, atau habis ngeluh  ya jadi kepikiran. Bentar, bentar, jangan jangan yang aku keluhin ini sebenernya jawaban doa yang aku mau waktu duluuuu atau entah kapan. 

Yang juga penting banget buat aku dan kita semua adalah untuk bersyukur. Doa bukan hanya sekedar minta, tapi juga harusnya berterima kasih. "If you are grateful I will surely give you more." (Qura'an 14:7) Ada kalimat lain di buku Secrets of The Devine:

We are called to pray not only because we want or need something from God, but because we are grateful for all that we have already been given.

Bersyukur saat berdoa atau saat apapun membuat kita lebih aware akan blessings dari Tuhan untuk kita.  Salah satu cara yang cukup powerful untuk bersyukur juga bisa dengan gratitute journal. Aku sendiri mulai rutin menulis gratitude journal dari setahun yang lalu. Aku sempat down banget tahun lalu, waktu itu aku ke psikolog dan salah satu yang ngebantu aku adalah dengan rutin menulis gratitude journal. Dan itu ngebantu banget untuk aku membantu fokus pada apa yang udah Tuhan kasih daripada mikirin apa yang Tuhan belum kasih sama kita.

Kalau lagi ga tau apa yang ditulis, tulis aja sesimpel, bisa napas, bisa lihat, bisa baca, bisa nulis, punya tempat tinggal, bisa makan, bisa sekolah, punya keluargay, masih sehat, Masya Allah itu aja udah super banyak ya kaaan. Apalagi blessing-blessing lain yang suka aja tiap hari Tuhan kasih untuk kita. Coba bayangin juga, kalau kita ga punya blessing yang Tuhan kasih itu. Kadang banyak banget berkah dari Tuhan yang kita take for granted iya gak. 

Yang belum baca buku Secrets of Divine Love, menurut aku baca deh karena ini buku bagus dan recommended banget!

Post a Comment