Menginap di Sukasantai Farmstay, Sukabumi

19 February 2022

Sukasantai Farmstay Indonesia

Wah perdana nih meramaikan Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog setelah jadi silent reader selama ini. Tema kali ini adalah 'Pengalaman Travel Yang Berkesan'. Jadi ingin throwback setahun lalu ke Februari 2021. Jadi dari Maret 2020 waktu kasus covid pertama ditemukan di Indonesia, saya dan keluarga jarang sekali keluar rumah. Waktu PSBB, 100% diem di rumah. Ga ke supermarket sama sekali, semua online. Udah diem aja karena ada anak yang baru satu tahun belum bisa pake masker asli parno banget ketemu orang karena susah harus physical distancing. Nah terus akhir tahun 2020 lagi scrolling IG nemu nih ada Sukasantai Farmstay di Sukabumi. Udah deh detik itu langsung jatuh hati langsung coba booking.

Kenapa Sukasantai Farmstay?

Protokol Kesehatan

Sepi banget, adanya pembatasan kapasitas pengunjung maksimal 50% dari kapasitas kamar atau empat grup keluarga saja. Waktu kami menginap, selain keluarga kami hanya ada tiga keluarga lain. Satu keluarga tinggal di villa sehingga tidak pernah berpapasan dengan kami di bangunan utama. Dua keluarga di bangunan utama masing-masing memiliki satu anak sehingga total tamu hanya ada sembilan orang. Dengan area sangat luas, kecil kemungkinan untuk berpapasan dengan keluarga lain. Ketika jam makan pun ruang makannya luas sehingga tidak makan berdekatan plus terbuka jadi sirkulasi udara sangat baik. Selain itu, misal abis kita booking besoknya dikosongin sehari buat general cleaning dan hari berikutnya baru boleh diisi lagi.

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Archutecture Design

Udahlah ini kayaknya sebenernya yang bikin jatuh cinta dari liat IG haha. Cinta banget sama bangunannya, semua impian rumah masa depan dari lantai sampai atap. Material bangunannya kaya banget, lantai tegel, atap genteng, ventilasi alami, deck kayu, sirkulasi udaranya bagus, semua ruangan langsung ke taman. Apalagi yaa pokoknya seneng deh mata. Dirancang oleh Goy Zhenru dari Goy Architects, Singapore. Desainnya modern vernakular dan udah nerima beberapa penghargaan arsitektur juga.

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Rooms

Ada 12 tipe kamar bervariasi dari kapasitas 2 orang per kamar sampai 4 orang per kamar dan juga 1 villa. Kamu bisa cek disini ya tipe kamarnya. Kami sendiri waktu itu mendapatkan Selada Room di lantai 2 dengan pemandangan taman dan lembah karena minta yang King size. Parah lucu lucu banget udah pengen cobain satu satu kamarnya. Apalagi penasaran bangun sama tipe kamar yang studio loft (Turi dan Rosella) dan quad bunk room (Talas dan Ubi).

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Farm to Table Kitchen

Makanannya favorit saya banget karena makanan rumahan. Bahan bahan makanannya fresh dari tanaman yang ada di kebunnya langsung! Mereka panen dan diolah sampai akhirnya bisa kita makan. Lengkap karbo, protein, sayur, buah. No menu kitchen concept jadi chef yang decide langsung akan masak apa, tergantung sayur apa yang lagi panen juga. Buat saya pribadi yang ga picky akan makanan ga ada masalah hehe. Paling berkesan bisa minta susu sapi murni tiap hari astaga enak banget ini udah. 

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Aktivitas

Udah deh pokoknya disini kamu menyatu dengan alam. Banyak banget kegiatan yang bisa kita lakukan di sini, lihat binatang, tracking ke hutan bambu, jalan-jalan keliling perkebunan, main layangan, ke peternakan, bisa juga coba merah susu sapi, api unggun di malam hari kalau cuaca memungkinkan. Kalau yang mau santai juga di dekat ruang makan tersedia banyak buku dan beberapa board game. Waktu itu kami juga diajak berkebun mengambil hasil panen wortel, kami juga diajari cara menanam mulai dari menanam biji.

Info lain di sini tuh susah sinyal hp jujur palingan cuma ada disekitar lobby dan kamar, wifi juga ga ngecover semua area farmstay paling di common area bangunan doang. Ini cocok banget udah apalagi udah satu tahun WFH liat layar laptop terus kan. Lagian biar ga bete liburan tapi diganggu telp sama whatsapp kantor mulu hehehe.

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Rate

Untuk menginap di Sukasantai Farmstay, biayanya dihitung per orang. Roomrate per hari untuk weekends sebesar 920 ribu dan weekdays sebesar 750 ribu. Anak umur 0-3 Tahun tidak dihitung. Biaya ini sudah all in termasuk makan 3x sehari, free flow teh dan kopi, 1-2x snack dan kegiatan yang ada. Check in jam 12 siang dan check out jam 10 pagi ya.

Kita juga bisa loh menyewa satu farm ataupun farm+villa secara eksklusif. Siapa tau ada yang tertarik mengadakan acara private, party, corporate meeting atau retreat disini.

Staff

Staffnya semua sangat ramah dari awal kami datang sampai kami pulang. Dari lobby , dapur, sampai di perkebunan. Btw ga ada lobby kaya dihotel ya pake resepsionis standby gitu ya, kalau ada perlu atau bantuan tinggal whatsapp aja staff in-chargenya atau siapapun yang ada pengalamanku sih helpful banget.

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia


Beberapa tips berlibur di Sukasantai Farmstay:

1.  Rencanakan tanggal liburan, coba cek availability dan reservasi 2-3 bulan sebelumnya. Jadi waktu itu saya coba reservasi di bulan Oktober 2020 tapi baru ada yang available di Januari-Februari 2021. 

2. Kalau punya pantangan makanan atau alergi, bisa info ke pihak Sukasantai sebelum hari kedatanyan supaya bisa disesuaikan. 

3. Karena akan ada aktivitas berkebun, memerah sapi, main di sungai, tracking jangan lupa untuk bawa baju spare ya karena akan kotor-kotoran.

4. Bawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga daripada harus jauh cari obat ke kota. Apalagi obat yang personal seperti obat alergi atau obat anak.

5. Jangan lupa bawa sikat gigi dan pasta gigi sendiri karena ga diprovide di kamar. Di kamar hanya disediakan handuk, sabun dan shampo saja. 

5. Bawa alas kaki lengkap: sendal untuk jalan-jalan di sekitar bangunan, sepatu yang alasnya tidak licin untuk tracking, boots karet kalau punya untuk saat berkebun karena injak-injak tanah.

6. Bawa jaket atau sweater! Asli di kamar ga ada AC tapi kalau malem dingin kayak pakai AC, yaaa rasanya kayak di Lembang lah. Malem-malem juga perlu keluar kan ke ruang makan buat makan malem, main api unggun.

7. Bawa makanan dan kegiatan selama perjalanan. Dari Bandung atau Jakarta waktu yang perlu ditempuh ke Sukasantai Farmstay sekitar 3 sampai 4 jam.

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Sukasantai Farmstay, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Pokoknya buat saya berlibur di Sukasantai ini berkesan sekali setelah setaun banyak di rumah terus akhirnya bisa liburan lagi tapi tetap ngerasa aman. Bahkan pengen banget rasanya kesana lagi kapan-kapan. Bukan buat saya saja, buat anak saya pun tampaknya berkesan. Selama 2 minggu yang dibahas betapa serunya main di sini, "Di Sukasantai ada susu loh, ada kembang api loh, ada sapi loh, ada kunang-kunang loh!". Happy banget dia selama di sini bisa sepedahan luas, lari-lari, lihat macem-macem hewan di farm, lihat api unggun, Sampai yang biasanya ga betah makan duduk, tiap makan betah duduk dan lahap kayaknya karena motorik kasarnya terpenuhi banget. Emak mana yang tidak ikut happy? Terima kasih sudah membaca ya! 


Sukasantai Farmstay
Website | Instagram
Whatsapp +62-822-4998-4849

Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog 2022

12 comments

  1. Baru dengar loh ada tempat asyik kaya gini di Sukabumi. Makasih sharingnya Nafisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Teh Shanty salam kenal, terima kasih sudah baca yaa :)

      Delete
  2. waw, keren nih tempatnya.. makasih lo teh tulisannya, jadi tau ada tempat asik gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Teh Afina salam kenal, terima kasih sudah baca tulisanku ya! :)

      Delete
  3. Halo Teh Nafisah salam kenal. Ya ampuuun, ini saya LANGSUNG tertarik lho membaca review Teh Nafisah. Udah kayak iklan bangeet! I'm sold dah!! Jatuh cinta langsung dengan semua yang Teh Nafisah tuliskan. Desain arsitekturnya, menu makanannya, dan udara sejuknya pastinya ya. :) Nuhun pisan Teh Nafisah. Tips-tipsnya pun helpful banget :)

    Kayanya Sukasantai Farmstay ini WAJIB membayar Teh Nafisah deh buat tulisan ini ehehe. Soalnya saya langsung tertarik. Seriussss ehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Teh, makasih ya udah baca. Haha iklan banget ya, tapi serius loh Teh emang bagus. Halooo Sukasantai Farmstay tolong dibaca ini komennya hehehe.

      Delete
    2. Setuju! Fotonya cakep2 pun!... 😍

      Delete
  4. Teteh aku jadi pengen juga kesini. Kerasa hawa cozy dan dinginnya. Siapa tahu bisa kesini juga

    ReplyDelete
  5. note ... duh kepingin ini deket ya di Sukabumi keluar tol Cigombong.
    thanks ya teh Nafisah sudah menuliskannya dengan menarik.
    salam jalan-jalan

    ReplyDelete
  6. Cakep banget tempatnya ya Teh, memang keren banget design-nya, konsepnya juga, emang pas untuk nyantai. Sesuai dengan namanya, Sukasantai hehe

    ReplyDelete
  7. wah ini namanya pas banget dengan suasananya. bertahun-tahun tinggal di Bandung, aku belum pernah euy ke sukabumi, kayaknya kalau mudik perlu nih mampir ke Sukasantai ini. Saya mah orangnya emang suka santaiiii, hehhehe...

    ReplyDelete
  8. Baca kisah perjalanannya semua tergambarkan dengan jelas, sangat menarik. Salam kenal teteh🤗

    ReplyDelete